Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran IBI-K57

Visi dan Misi merupakan landasan utama dalam penyusunan RIP IBI KOSGORO 1957 Tahun 2012-2031.

2.1.      Visi

Pada tahun 2031 menjadi perguruan tinggi unggulan di bidang ilmu bisnis dan informatika yang berwawasan kebangsaan serta berdaya saing global;

Visi tersebut sangat jelas dan realistik, karena telah disusun berdasarkan asas Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-bound (SMART) sebagai berikut.

  • Asas Specific;

Seluruh pemangku kepentingan dan sivitasakademika terlibat secara langsung dalam merumuskan visi, dengan harapan IBI KOSGORO 1957 memiliki keunggulan kompetitif Nasional. Sehingga masyarakat meyakini bahwa lulusan IBI KOSGORO 1957 memberikan manfaat bagi Bangsa dan Negara. Dalam pernyataan visi IBI KOSGORO  1957, semangat mengikuti perkembangan jaman dan spirit organisasi, konsisten dengan situasi dan kondisi masa kini serta masa depan yang akan dihadapi.

  • Asas Measurable;

Perkembangan IPTEKS masa kini dan masa mendatang; (b) kebutuhan dunia industri; dan (c) kekuatan sumber daya internal. Dengan memenuhi setiap standar mutu dari Badan Akredetasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan melaksanakan studi banding ke Perguruan Tinggi yang memiliki akreditasi A di KOPERTIS III Jakarta untuk menjamin pencapaian standar mutu dengan dilakukannya monitoring dan evaluasi di tingkat institut, fakultas dan program studi. Dengan harapan pada akhir tahun 2031 IBI KOSGORO 1957 menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik Nasional, serta diharapkan akan memberikan hasil peningkatan prestasi seluruh sivitas akademika.

  • Asas Attainable
    • Menderivasi VMTS IBI KOSGORO 1957 ke dalam VMTS fakultas dan VMTS program studi;
    • Sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia;
    • Visi IBI KOSGORO 1957 mewujudkan kondisi ideal agar memiliki kualitas lulusan, mutu perguran tinggi dan mengikuti perkembangan dunia pendidikan.
    • Visi IBI KOSGORO 1957diharapkan dapat menjelaskan arah dan tujuan, sehingga dapat membangkitkan antusiasme dan komitmen sivitas akademika. Pencapaian visi IBI KOSGORO 1957 diukur dengan perkembangan dari prestasi mahasiswa, kemampuan staf, dan sumber daya yang tersedia.
  • Asas Relevant;

Berdasarkan standar mutu untuk jangka panjang mungkin dirasa terlalu cepat, tetapi dengan kerja keras dan dukungan dari para pemangku kepentingan maka kurun waktu tersebut sangat realistis. Keterwujudan visi ditunjukkan oleh pengakuan masyarakat terhadap alumni yang tersebar luas diberbagai profesi dan wilayah, meningkatnya calon mahasiswa baru dari berbagai lulusan Sekolah Menengah Atas, serta kesempatan untuk meningkatkan kerjasama nasional dan internasional.

  • Asas Time-bound;

Pada tahun 2031 diharapkan menjadiperguruan tinggi unggulan berdasarkan identifikasi yang ada saat ini seperti pemberian penghargaan di Tingkat Nasional.

Tahapan pencapaian visi IBI KOSGORO 1957 didasarkan pada Rencana Induk Pengembangan yang dituangkan dalam rencana strategis lima tahunan serta program  tahunan yang dijabarkan dalam rencana operasional. Dukungan dokumen untuk mewujudkan visi tersebut dijabarkan dalam strategi pencapaian sasaran yang sangat jelas.

2.2.      Misi

Untuk mengimplementasikan visi tersebut maka ditetapkanlah misi IBI KOSGORO 1957 sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan kemandirian pengelolaan pendidikan, meningkatkan system pembelajaran dan pengembangan kurikulum untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dalam bidang ilmu bisnis dan informatika yang relevan dengan kebutuhan masyarakat masa kini dan mendatang, serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Meningkatkan kemampuan penelitian dan penerapannya agar dihasilkan karya yang bermutu serta berguna bagi pembangunan nasional dan internasional;
  3. Meningkatkan tanggung jawab sosial melalui pengabdian kepada masyarakat dengan keahlian dan kegiatan yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bangsa.
  4. Meningkatkan kerjasama di berbagai bidang dengan institusi baik dalam maupun luar negeri

2.3.     Tujuan

Berdasarkan misi di atas tujuan yang hendak dicapai :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan handal dalam bisnis dan informatika;
  2. Terwujudnya penelitian dan publikasi ilmiah yang bermutu dan bermanfaat untuk mempercepat proses pengembangan IPTEKS, dalam bidang ekonomi, bisnis, sosial dan informatika;
  3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat dalam membantu menanggulangi masalah ekonomi, bisnis, sosial, budaya dan lingkungan hidup;
  4. Terciptanya kerjasama profesional dengan dunia usaha dan dunia kerja baik dalam negeri maupun global dalam rangka mengaplikasikan ilmu bidang sosial, ekonomi, bisnis dan kewirausahaan serta informatika;

2.4.     Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. Pengembangan Capacity Building
  2. Perguruan Tinggi yang mandiri dengan kinerja pencapaiannya yaitu terbentuknya  organisasi dan manajemen yang mandiri dan program-program kemandirian Perguruan Tinggi (PT) dijalankan,
  3. Sistem penjaminan mutu dengan kinerja pencapaiannya yaitu memiliki perangkat organisasi dan dokumen mutu akademik, terlaksananya audit mutu akademik secara periodik dan tertib, penyebaran best practices baik di dalam maupun di luar IBI  KOSGORO  1957, dan  audit internal manajemen bidang akademik,
  4. Kapasitas institusional dengan kinerja pencapaiannya yaitu kapasitas pengelolaan  aset, infrastruktur dan finansial yang efisien, kapasitas pengelolaan SDM meningkat, kapasitas sistem informasi dan manajemen berbasis teknologi informasi (TI) meningkat,
  5. Kapasitas individual dengan kinerja pencapaiannya yaitu mampu bekerja  dalam merit-based system  (sistem berbasis prestasi). Tata kelola dengan kinerja pencapaiannya yaitu visi, misi, dan tujuan mencapai standar kinerja normatif (benchmark dengan PT akreditasi rata-rata A)
  6. Pengembangan struktur pendanaan.
  7. SPP dengan kinerja pencapaiannya yaitu diberlakukan SPP proporsional,
  8. Sistem manajemen keuangan dengan kinerja pencapaiannya yaitu  fungsionalisasi sistem informasi manajemen yang terpadu berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK),
  9. Pemerataan  dan perluasan akses pendidikan
  10. Daya tampung dengan kinerja pencapaiannya yaitu Jumlah mahasiswa setiap program studi bertambah 10% setiap tahun,
  11. Diversifikasi Pendidikan dengan kinerja pencapaiannya yaitu penyelenggaraan  S1  menjadi 8 program studi,
  • Pengembangan mutu dan relevansi pendidikan
  • Peningkatan kualitas SDM dengan kinerja pencapaiannya yaitu seluruh dosen pada tahun akademik 2012/2013 minimal bergelar  S2 dan diharapkan tahun 2020 mahasiswa mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dan memiliki nilai TOEFL minimal 450,
  • Peningkatan sarana dan prasarana dengan kinerja pencapaiannya yaitu interkoneksi jaringan komputer = 100%, waktu penyampaian informasi = 1  hari (24 jam), penggunaan TI  = 60% dari total aktivitas, kapasitas layanan perpustakaan terhadap kebutuhan matakuliah wajib 80%, waktu layanan = 65 jam/minggu, bertambahnya jumlah laboratorium komputer, laboratorium PR dan laboratorium bahasa multi media serta laboratorium penelitian,
  • Peningkatan  mutu lulusan serta peningkatan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar dengan kinerja pencapaiannya relevansi kelulusan = 70%, lama waktu tunggu 3 – 12 bulan untuk lulusan:  S1 = 80%; lulus tepat waktu = 70%, kemapuan berbahasa Inggris  lulusan S1: TOEFL > 450, computer literacy lulusan = 100%, gaji pertama lulusan = 2,5 – 4,5 juta rupiah/ bulan dan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dan proses belajar mengajar yang mengacu kepada problem based learning dan student centered learning.
  • Pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan kinerja pencapaian yaitu meningkat jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat 10% setiap tahun dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi lebih baik menjadi 80%.
  • Pengembangan kerjasama institusional
  • Kolaborasi dengan kinerja pencapaiannya yaitu peningkatan kerjasama  institusi internal and external resource sharing,
  • Internasionalisiasi dengan kinerja pencapaiannya yaitu sosialisasi cultural diversity, beasiswa dari luar negeri, kerjasama regional dan internasional, standar kompetensi dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.